Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

Bersabar dan Menerima Keadaan

Suatu ketika, Ibnu Abbas menemui sahabatnya. Ia berbincang sebentar lalu berkata, ‘Kawanku, maukah kau bertemu dengan wanita yang kelak menghuni surga?’ Sahabatnya pun setuju lalu mereka pergi bersama ke tempat seorang wanita berkulit hitam.

Ibnu Abbas lalu berkata, ‘Rasulullah pernah bercerita padaku bahwa wanita itu menderita penyakit epilepsi yang parah. Suatu hari wanita itu datang pada rasul dan meminta didoakan untuk kesembuhannya. Rasulullah berkata, ‘jika kau bersabar maka kelak kau akan masuk surga, tapi jika kau mau, aku juga bisa mendoakan untuk kesembuhanmu’. Wanita itu memilih untuk bersabar dan menerima penyakitnya.’

Contoh cerita inspiratif singkat ini mungkin dapat memberi motivasi terutama bagi pemeluk agama Islam. Dalam sebuah Hadis, Nabi Muhammad SAW pernah menjelaskan jika sakit akan menggugurkan dosa. Dengan catatan, orang yang sakit tersebut sabar dan menerima dengan ikhlas kondisinya.

Jika kamu masih sering sedih jika mendapat penyakit, coba contoh wanita pada cerita inspiratif singkat di atas. Meski punya kesempatan sembuh karena didoakan rasulullah, ia memilih untuk sabar dan ikhlas dengan kondisinya.