Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

KAI Sediakan Fasilitas Rapid Test Antigen di Stasiun Madiun untuk cegah penularan Covid-19

PT KAI (Persero) terus berupaya menjaga keamanan dan keselamatan penumpang. Tak terkecuali dari bahaya penularan Covid-19. Untuk itu, berbagai fasilitas pencegahan penularan Virus Corona tersebut disediakan di semua stasiun. Tak terkecuali, di Kota Madiun.
Salah satu antisipasi penularan Covid-19 dilakukan dengan menyediakan fasilitas Rapid Test Antigen. Saat ini, pemeriksaan sebagai deteksi dini Virus Corona itu sudah tersedia di Stasiun Madiun.
“Untuk memudahkan pelanggan yang akan naik KA, mulai hari ini Rabu (23/12) di Stasiun Madiun telah kita sediakan pelayanan Rapid Tes Antigen,” ungkap Manager Humas KAI Daop 7 Madiun, Ixfan Hendriwintoko.
Dengan fasilitas ini dapat dipastikan bahwa warga Kota Madiun yang pergi ke luar kota telah terjamin bebas dari Covid-19. Begitu pula, warga luar kota yang masuk ke Kota Madiun menggunakan kereta api juga dipastikan bebas dari Virus Corona. Sebab, PT KAI mewajibkan seluruh penumpang KA jarak jauh untuk membawa surat keterangan Rapid Test Antigen sebagai persyaratan.
Ini merupakan alternatif yang dihadirkan KAI untuk memudahkan calon pelanggan yang akan naik KA. Di samping itu merupakan wujud komitmen KAI dalam menerapkan protokol kesehatan yang ketat guna memberi kenyaman kepada pelanggan setia KA, paparnya.
Fasilitas Rapid Test Antigen di Stasiun Madiun dilayani mulai pukul 07.00 – 19.00 setiap hari dengan biaya Rp 105 ribu. Layanan Rapid Tes Antigen dengan harga terjangkau ini merupakan kolaborasi antara PT KAI (Persero) dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia. Untuk wilayah Daop 7, sementara baru tersedia di Stasiun Madiun. Untuk dapat menikmati fasilitas ini, tentunya calon penumpang wajib sudah memiliki tiket KA terlebih dahulu.
Dikarenakan proses rapid test antigen ini memakan waktu kurang lebih 30 menit, PT KAI mengimbau pelanggan agar melakukan tes H-1 sebelum keberangkatan. Selain itu, juga untuk mengantisipasi antrean yang dikhawatirkan akan membuat pelanggan tertinggal kereta. Serta, menghindari kerumunan.
Kami harap ini bisa menjadi solusi bagi pelanggan KA jarak jauh untuk memenuhi syarat naik KA dengan mudah dan murah. Sehingga pelanggan dapat merasa aman dan nyaman dalam bepergian menggunakan KA,’’ pungkasnya.