Mahasiswa UNIPMA Kreasikan Sampah yang Bernilai Jual Tinggi

Mahasiswa UNIPMA Kreasikan Sampah yang Bernilai Jual Tinggi

Pengabdian masyarakat merupakan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi, seperti yang lakukan Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas PGRI Madiun ini.
Bertemakan tentang sampah, Prodi Manajemen Unipma Dede Wulansari ini menuturkan bahwa sampah ini masih menjadi permasalahan bagi lingkungan, terutama di Indonesia. Maka dari itu kegiatan yang bertajuk abdimas ini mengajak masyarakat untuk bisa mengolah sampah yang bernilai jual tinggi.
Salah satunya seperti kegiatan yang dilakukan timnya di Bank Sampah Matahari, Kelurahan Winongo.
Mereka mengajarkan anak-anak di sekitar lokasi membuat kerajinan bunga dari sampah plastik sekaligus bertujuan memberikan pemahaman sejak dini kepada anak-anak bahwa sampah yang biasa dibuang ini bisa menjadi barang dengan nilai ekonomi tinggi. Salah satunya dimanfaatkan untuk kerajinan tangan, ungkapnya.
Dede dan anggotanya sebelumnya mengumpulkan sampah utamanya sampah plastik yang bisa dipakai kemudian membersihkannya lalu dijadikan kreasi kerajinan tangan unik. Tidak hanya kepada anak-anak, abdimas juga mengajak masyarakat untuk menjalankan kegiatan serupa dan hasil kerajinan lantas dijual dengan bantuan para mahasiswa.
Tim Abdimas berharap melalui cara pengolahan sampah ini masyarakat dan anak-anak menjadi lebih kreatif dan mampu menciptakan kreasi-kreasi baru dan produk bernilai jual tinggi dari sampah, serta dapat mengurangi polusi sampah lingkungan.