Siswa SMPN 10 Ubah Sirih Merah Jadi Hand Sanitizer dan Buat Minuman Sehat Pajero

Siswa SMPN 10 Ubah Sirih Merah Jadi Hand Sanitizer dan Buat Minuman Sehat Pajero

Kepedulian para siswa terhadap pandemi yang hingga kini masih melanda,  menggugah hati siswa-siswi SMPN 10 Kota Madiun berinisiatif untuk membuat hand sanitizer hingga minuman sehat penambah imun yang dihasilkan dari tanaman herbal yang ada di sekitar lingkungan sekolah mereka.

Inovasi tersebut diwujudkan dengan pembuatan hand sanitizer alami yang dibuat dengan bahan utama berupa sirih merah, yang diyakini memiliki kandungan antiseptik alami yang dapat membunuh kuman di tangan. Tak hanya itu, mereka juga mengkreasikan beberapa tanaman herbal untuk diolah menjadi sebuah minuman sehat penambah imun. Yaitu, minuman Pajero yang bahan dasarnya terdiri dari pandan, jahe, sirih, dan daun jeruk.

“Ide awalnya karena pembelajaran tatap muka hanya berlangsung beberapa waktu, kita gunakan kesempatan itu untuk sharing dan membuat inovasi terkait peduli Covid-19. Kebetulan di sekolah banyak tanaman herbal, kita manfaatkan itu,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 10 Amini Farida.

Farida menambahkan, inovasi yang dimiliki para siswanya tak hanya itu, namun para siswa dibantu dengan para guru juga membuat inovasi yang berasal dari bahan bekas, yaitu sabun cuci tangan yang terbuat dari minyak jelantah. Dirinya mengaku, seluruh pengolahannya menggunakan cara yang mudah dengan bahan-bahan alami.

“Seperti dalam pembuatan Pajero, semua bahan cukup di cuci bersih, lalu di iris atau digeprek, kemudian direbus menjadi satu. Efek setelah meminumnya terasa segar dan hangat di tubuh,” jelasnya.

Dirinya berharap, melalui inovasi ini selain mampu membekali siswa untuk memiliki keterampilan yang lebih, juga diharapkan mampu mengasah keterampilan untuk kehidupan selanjutnya, yakni dengan mampu untuk memanfaatkan bahan-bahan yang telah disediakan oleh alam.