Ingat-Ingat Jasa Orang Tua

contoh cerita inspiratif singkat - bakso

Sumber: Wikimedia Commons

Hari ini Putri berulang tahun yang ke 14. Biasanya di hari ulang tahun Putri, ibu akan memasak makanan kesukaannya dan ayah akan memberikan hadiah. Begitu bel pulang sekolah berbunyi, Putri langsung bergegas pulang, berharap kejutan dari orang tuanya.

Tapi hari itu ternyata adik Putri sedang sakit, sehingga ibu repot merawat anaknya yang sakit. Otomatis, sirnalah harapan putri untuk makan makanan kesukaannya.

Putri kesal pada orangtuanya karena merasa tidak diperhatikan. Ia lalu pergi dari rumah menuju ke taman sambil marah-marah. Tidak lama kemudian, perutnya mulai melilit karena lapar.

Saat itu hanya ada tukang bakso keliling yang berjualan di taman. Putri pun mendekati tukang bakso itu, sayangnya ia tak memiliki uang. Melihat wajah Putri yang memelas, tukang bakso itu menawarinya semangkuk bakso gratis.

Sambil memakan semangkuk bakso itu, tiba-tiba air mata putri menetes. Abang tukang bakso pun bertanya, ‘Kenapa nangis, Neng?’

‘Sebenarnya ini hari ulang tahunku, aku terharu, abang yang baru kenal malah baik banget,” jawab Putri. “Orang tuaku malah ngga peduli.’

‘Ya kalo abang yang baru kasih Neng makan sekali aja udah bikin terharu, apalagi orang tua Neng yang udah bertahun-tahun kasih makan. Jangan ngeremehin orang tua sendiri Neng, nanti nyesel lho!’ kata abang tukang bakso.

Putri pun mendengarkan nasihat abang bakso itu dan pulang. Sampai di rumah, ia meminta maaf pada ibunya.

Hari ulang tahun merupakan momen yang spesial dan ditunggu oleh beberapa orang. Pada hari itu, membuat perayaan kecil bersama keluarga, teman, atau pacar adalah hal yang menyenangkan. Meski begitu, jika ada hal lain yang lebih mendesak maka cobalah untuk mentolerir hal tersebut.

Putri dalam cerita tadi awalnya adalah anak yang egois dan tidak mau memaklumi ibunya yang sibuk. Tapi setelah dinasihati tukang bakso, ia pun sadar akan keegoisannya. Contoh cerita inspiratif singkat ini mengajarkan banyak hal, seperti mengatur prioritas, toleransi, sampai menghargai jasa orang tua, cocok untuk menjadi renungan hidup.