Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

Ingin ASI melimpah ? Konsumsilah makanan seperti ini

Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi saat masa kehamilan sangat penting untuk menjaga asupan gizi yang berguna untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Namun, setelah melahirkan pun Ibu tetap harus mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang lengkap karena saat melahirkan Ibu banyak mengeluarkan darah dan tentunya membutuhkan nutrisi untuk membantu pembentukan darah lebih cepat. Selain itu, makanan nutrisi tinggi terutama yang mengandung kalsium juga penting untuk membuat ASI keluar lebih lancar.

Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun merekomendasikan banyak-banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan vitamin C yang sangat baik untuk membantu tubuh menyerap zat besi. Kemudian vitamin D juga sangat penting untuk  membantu penyerapan kalsium yang sangat penting untuk memproduksi ASI dengan lancar. Kekurangan kalsium saat masa menyusui beresiko lebih besar untuk mengalami pengeroposan tulang karena tubuh yang mengambil kalsium dari tulang dan gigi untuk membuat ASI. selain makanan, hidup sehat juga menentukan mempengaruhi kesehatan ibu. Makanan apa saja yang disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui untuk produksi ASI lancar?

MAKANAN UNTUK MEMPERLANCAR PRODUKSI ASI

  • Susu rendah lemak

Susu adalah sumber kalsium yang cukup tinggi kandungannya dan juga lebih mudah untuk dicerna karena bentuknya cairan. Produk susu dalam bentuk yoghurt dan juga keju juga bisa jadi pilihan agar Ibu tidak bosan. Selain kalsium susu juga mengandung protein, vitamin B, serta vitamin D. Pilih susu rendah lemak untuk menjaga asupan kalori harian Ibu.

  • Telur

Telur adalah makanan sumber protein nabati dan juga lemak yang baik bagi Ibu untuk membantu proses hidup sehat setelah melahirkan. Kandungan nutrisinya tidak hanya bisa melancarkan produksi ASI namun juga bisa tetap menjaga tubuh memiliki energi dan baik untuk otak bayi yang mendapatkannya dari ASI Ibu.

  •  Ikan Salmon

Dua kali dalam seminggu Ibu bisa menambahkan ikan salmon ke dalam menu makanan. Ikan salmon merupakan sumber omega-3 dan kandungan lemak tak jenuh yang sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil dan juga menjaga kesehatan jantungnya.

  • Daging Sapi

Untuk meningkatkan kualitas ASI dan juga mengembalikan energi Ibu setelah melahirkan  bisa mengonsumsi daging sapi dengan kandungan lemak yang rendah. Daging sapi juga mengandung protein, zat besi, serta vitamin B12 yang sangat penting bagi ibu menyusui.

  • Kacang-kacangan

Kandungan pada kacang-kacangan yang baik untuk produksi ASI adalah protein nabati dan juga zat besi. Dua kandungan ini banyak ditemukan pada kacang hitam dan kacang merah.