Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

Penyuluhan Penanganan Kebakaran

Dalam rangka mengantisipasi terjadinya ancaman kebakaran yang kerap terjadi pada musim kemarau baik kebakaran Pemukiman penduduk maupun Kebakaran hutan dan Lahan di wilayah Kota Madiun, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Madiun Menggelar Penyuluhan Pencegahan Kebakaran di setiap instansi dan dinas diantaranya Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Madiun Bambang Sediyono menjelaskan, penyuluhan ini diselenggarakan, utamanya untuk antisipasi musibah kebakaran yang kerap terjadi pada musim kemarau di wilayah Kota Madiun dimulai dari lingkup yang terkecil . Untuk itu, dirinya mengharapka­n sinergitas semua pihak agar bencana kebakaran bisa tertanggulang lebih dini.

Pencegahan kebakaran ti­dak bisa dilakukan secara parsial, hanya­ Pemadam Kebakaran saja. Tetapi menuntut ker­ja sama tim dari semua pihak. Pencegahan harus dilakukan seca­ra bahu membahu, baik itu dari masyarakat, pe­rusahan perkebunan hingga instansi pemer­intah. Karena itu, beliau meminta semua ­pihak untuk memiliki rasa tanggung jawab yang sama.

Selama musim kemarau ini, Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Madiun juga menyiagakan regunya yang siap antisipasi.

Adapun materi yang diberikan saat penyuluhan meliputi pengenalan dasar Penangulangan Kebakaran secara umum, antara lain

  1. Perilaku Api,
  2. Manajemen Keselamatan Kebakaran Bangunan ,
  3. Praktikum Penggunaan APAR,
  4. serta pengenalan alat-alat.

Diharapkan Setelah mengikuti penyuluhan ini peserta dari Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana mampu dan terampil dalam mengoperasikan alat pemadam kebakaran dan penanganan P3K serta berperan aktif dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran mampu memberikan pertolongan korban khususnya di wilayah Kota Madiun.

 

>>Kegiatan Damkar di Dinas Kesehatan & Keluarga Berencana Kota Madiun<<