Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Minggu-minggu ini hujan terus menerus hampir setiap hari. Saat berangkat beraktivitas kehujanan, pulang ke rumah pun kehujanan. Hal ini pun membuat daya tahan tubuh pun menurun sehingga rentan sakit. Pada saat musim hujan memang menjadi kesempatan mikroorganisme yang membuat sakit menyerang manusia. Nah dengan meningkatkan daya tahan tubuh bisa mencegah masuknya mikroorganisme tersebut. Berikut cara yang bisa dilakukan untuk tetap sehat di musim hujan.

1. Konsumsi minuman dan makanan hangat

Rasa dingin dapat menurunkan daya tahan tubuh Anda. Jadi saat musim penghujan, perbanyaklah mengonsumsi minuman yang dapat menghangatkan tubuh seperti teh atau jahe hangat. Makanan seperti sup, bakso, atau creamsoup juga berfungsi menghangatkan tubuh Anda. Hal ini dapat mencegah demam atau infeksi karena adanya perubahan suhu yang terjadi pada tubuhmu.

2. Mengonsumsi asupan vitamin C

Di musim hujan, vitamin C sangat dibutuhkan kehadirannya dalam tubuh manusia karena selain dapat berfungsi sebagai antioksidan, ia juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Anda selalu bisa mendapatkan vitamin C dari berbagai jenis suplemen, tapi akan lebih baik jika Anda memerolehnya dari sumber yang alami. Vitamin C banyak terkandung dalam buah jeruk, kiwi, tomat, dan buah-buahan lain yang berwarna cerah. Agar lebih bervariasi, coba buat menjadi jus, smoothie, dessert sehat, atau dicampurkan dalam semangkuk oats sebagai menu makan pagi.

3. Menjaga kebersihan dan kerapian

Mungkin ini terasa tidak penting, tetapi menjaga kebersihan membuatmu selalu higienis. Perlu diingat kuman menyebar di tempat-tempat kotor, jadi menjaga kebersihan telah menghindari dari kuman-kuman tersebut. Selain itu kamar yang rapi mampu membuat beristirahat lebih nyaman

4. Perhatikan apa yang kamu makan

Menjaga nutrisi adalah hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan. Sering-seringlah memasak makanan rumah ketimbang jajan di luar. Itu untuk menjaga higienitas nutrisi yang masuk ke dalam tubuhmu agar tidak ada kuman yang ikut.

5. Kenakan Pakaian yang Tebal dan Hangat

Baju yang anda kenakan juga akan memengaruhi kesehatan tubuh di musim hujan. Hindarilah menggunakan baju tipis dan transparan, terlebih jika anda sering beraktivitas di luar ruangan. Sweaterataucardigan tebal dan hangat akan menjaga tubuh anda dari udara dingin saat musim hujan.