Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123

INOVASI AKSELERASI PENEMUAN TERDUGA TBC DENGAN MOU TB DOTS DPM/KLINIK DI KOTA MADIUN

Dalam rangka peningkatan capaian penemuan terduga dan kasus Tuberkulosis di Kota Madiun, Dinas Kesehatan pengendalian penduduk dan Keluarga Berencana berinovasi untuk mendekatkan dan mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan TBC secara standart dengan melakukan perjanjian Kerjasama/MoU dengan Klinik dan Dokter Praktek Mandiri (DPM) di Kota Madiun.

Jejaring eksternal dengan DPM & Klinik ini dilakukan untuk memastikan semua pasien TB di wilayah Kota Madiun mendapat pengobatan sesuai standar. Hal ini dikarenakan jika Pasien TBC tidak mendapatkan pengobatan standart, maka kuman di dalam tubuhnya dapat bermutasi menjadi kuman resisten obat yang biasa disebut dengan Penyakit Tuberkulosis Resisten Obat (TBC RO). TBC RO sendiri tidak dapat diobati dengan obat biasa, sehingga pengobatan harus lebih kompleks dengan jangka waktu yang lebih lama serta memiliki potensi kematian yang lebih tinggi.

         Oleh karena itu Dinas Kesehatan PP & KB Kota Madiun berusaha menjaring DPM & Klinik sebagai Fasilitas Kesehatan TB DOTS, yaitu fasilitasi kesehatan yang berkomitmen untuk melaksanakan strategi program Tb yang terdiri dari 5 komponen yaitu :

  • Komitmen Politis
  • Pemeriksaan dahak bakteriologis yang terjamin mutunya
  • Pengobatan jangka pendek yang standar bagi semua kasus TB dengan tatalaksana yang tepat termasuk pengawasan langsung pengobatan.
  • Jaminan ketersediaan OAT yang bermutu
  • Sistem pencatatan dan pelaporan yang mampu memberikan penilaian terhadap hasil pengobatan pasien dan kinerja program.

Kedepannya masyarakat Kota Madiun tidak harus selalu datang ke Puskesmas maupun Rumah Sakit untuk mendapat pelayanan TBC, namun bisa mulai di diagnosa di Klinik maupun Dokter Swasta. Berikut merupakan 13 Klinik dan 2 DPM yang berkomitmen Kerjasama dengan Dinas Kesehatan PP & KB Kota Madiun :

KLINIK PG. REJO AGUNGKLINIK BHAKTI RAHAYU
KLINIK 24 MT HARYONOKLINIK PANTI BAGIJA
KLINIK BAYANGKARA POLRESKLINIK AULIA MEDIKA
KLINIK KIMIA FARMAKLINIK TELKOMEDIKA
KLINIK DOKTER INDAHKLINIK DENKESYAH
KLINIK MEDISKADPM dr.ISKANDAR
KLINIK INKADPM  dr. DENIK WURYANI
KLINIK 24 

Diharapkan dengan semangat TOSS TB (Temukan Obati Sampai Sembuh Tuberkulosis), semua pihak dapat mewujudkan Kota Madiun yang semakin Sehat!