VISI MISI DINAS KESEHATAN DAN KELUARAGA BERENCANA KOTA MADIUN

VISI DINAS KESEHATAN KOTA MADIUN

Dalam rangka ikut serta mewujudkan visi dan misi Kota Madiun, maka Dinas Kesehatan merumuskan visi sebagai berikut :

“ MEWUJUDKAN MASYARAKAT YANG MANDIRI UNTUK HIDUP SEHAT”

MISI DINAS KESEHATAN KOTA MADIUN

Misi mencerminkan peran, fungsi dan kewenangan seluruh jajaran organisasi kesehatan di seluruh wilayah Kota Madiun, yang bertanggung jawab secara teknis terhadap pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan kesehatan Kota Madiun. Untuk mewujudkan visi tersebut ada tiga misi yang diemban oleh seluruh jajaran petugas kesehatan di masing-masing jenjang administrasi pemerintahan, yaitu:

 

  1. Meningkatkan koordinasi dan pembinaan guna peningkatan pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau.

Sebagai SKPD yang memiliki Puskesmas, Puskesmas Pembantu dan Gudang Perbekalan Kesehatan sebagai UPTD-nya, maka koordinasi dan pembinaan yang berkesinambungan merupakan hal yang sangat penting guna menjamin tersedianya pelayanan kesehatan yang bermutu, merata dan terjangkau oleh seluruh individu, keluarga dan masyarakat luas. Pelayanan kesehatan yang berkualitas, merata dan terjangkau dimaksud diselenggarakan bersama oleh pemerintah dan masyarakat, termasuk swasta.

 

  1. Menggerakkan pembangunan yang berwawasan kesehatan dengan menjalin kemitraan.

Pembangunan berwawasan kesehatan mengandung makna bahwa setiap upaya pembangunan harus berkontribusi terhadap peningkatan derajat kesehatan masyarakat, baik secara langsung maupun tidak langsung. Upaya tersebut harus dapat menekan sekecil mungkin dampak negatif yang merugikan kesehatan masyarakat beserta lingkungannya. Dengan demikian, keberhasilan pembangunan kesehatan sesungguhnya ditentukan oleh peranserta segenap komponen bangsa termasuk sektor-sektor lain yang bermitra dengan sektor kesehatan.

 

  1. Menggerakkan dan memberdayakan masyarakat untuk hidup sehat.

Kesehatan adalah tanggung jawab bersama dari setiap individu, keluarga, masyarakat, pemerintah dan swasta. Apapun yang akan dilakukan pemerintah dalam pembangunan kesehatan, tidak akan ada artinya bila tidak disertai kesadaran setiap individu, keluarga dan masyarakat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatannya masing-masing secara mandiri. Upaya pemerintah untuk terus memperluas cakupan pembangunan kesehatan dan meningkatkan kualitasnya harus disertai upaya mendorong kemandirian individu, keluarga dan masyarakat luas untuk berperilaku hidup sehat.