Kegiatan Jambore Saka Bakti Husada Tahun 2018 Kota Madiun

Salam Pramuka….

Menjadi pionir budaya hidup bersih dan sehat di lingkungan masyarakat adalah salah satu peran dari setiap Anggota Saka Bhakti Husada yaitu mereka yang tergabung dalam Saka Bhakti Husada merupakan anggota pramuka.

Perilaku hidup bersih dan sehat bisa diawali dari hal-hal yang bersifat sepele. Misalnya setiap anggota Saka Bhakti Husada bisa mengingatkan masyarakat agar tidak merokok, jangan membuang sampah sembarangan, termasuk ikut menyosialisasikan penyuluhan imunisasi MR maupun program-program dibidang kesehatan.

Saka Bakti Husada merupakan wadah bagi anggota pramuka penegak dan pandega. Mereka bisa menyalurkan minat dan menambah pengetahuan di bidang kesehatan. Sehingga nantinya setiap materi bisa diterapakan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat ini pembinaan Saka Bakti Husada di Kota Madiun telah dilaksanakan secara rutin setiap hari minggu di Sanggar Saka Bakti Husada tingkat Kota Madiun. Harapannya  pembinaan akan dilaksanakan di setiap pangkalan yaitu di tingkat Kecamatan. Oleh karena itu dalam upaya  memotivasi puskesmas untuk membentuk pangkalan di setiap kecamatan dan upaya mendorong kesadaran, kemauan, dan kemampuan generasi muda melalui gerakan kepramukaan bidang kesehatan, oleh karena itu Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun melaksanakan  berbagai lomba dengan peserta perwakilan puskesmas / pangkalan dalam Jambore Saka Bakti Husada Tahun 2018. Dalam kegiatan ini setiap anggota SBH dari SMU/SMK/MA akan mewakili kecamatan (Pangkalan) dengan mengirimkan 2 tim pada masing masing jenis lomba sebagai perwakilan puskesmas.

Adapun Lombanya antara lain :

  1. Lomba Penyuluhan
  2. Lomba kerampilan PPGD
  3. Lomba Implementasi PHBS

Sedangkan juri lomba berasal dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Madiun, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun ,  Dinas Pendidikan Kota Madiun dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia Kota Madiun.