Bulan Imunisasi Anak Sekolah (B.I.A.S) Pada Masa Pandemi Covid-19

Madiun, 12 Oktober 2021
Imunisasi merupakan proses untuk membuat seseorang menjadi imun atau kebal terhadap suatu penyakit. Proses ini dilakukan dengan pemberian vaksin yang merangsang sistem kekebalan tubuh agar kebal terhadap penyakit tersebut.

Sebanyak 28,3%-nya anak berusia 5 – 7 tahun masih terkena Campak meskipun sudah mendapatkan vaksinasi sewaktu bayi. Atas dasar ini, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) membuat rekomendasi imunisasi ulang pada anak kelas 1 di seluruh Sekolah Dasar/MI (SD). Imunisasi BIAS adalah Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dilaksanakan di Kota Madiun saat ini adalah pemberian Imunisasi Campak. Pelaksanaan BIAS campak serentak dilaksanakan di SD/MI di wilayah Kota Madiun mulai tanggal 11 Oktober 2021. Program BIAS ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada anak-anak usia SD terhadap penyakit Meales/campak.

Kegiatan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), ini dimaksudkan untuk meningkatkan herd immunity, pada kelompok umur anak sekolah di Kota Madiun saat masa pandemi Covid 19, khususnya untuk menurunkan angka kesakitan dan kematian terjadinya Kejadian Luar Biasa (KLB) PD3I. Sesuai dengan rekomendasi Komite Penasihat Ahli Imunisasi nasional (ITAGI), pada masa pandemi Covid-19 imunisasi lanjutan pada anak usia sekolah harus tetap diupayakan lengkap sesuai jadwal. Penundaan Imunisasi akan memperbesar risiko KLB PD3I.

Strategi pemberian imunisasi BIAS tetap memperhatikan dan atas pertimbangan epidemiologi Covid-19, serta kebijakan pemerintah daerah pada masa pandemi Covid-19 saat ini.