Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Daun mint biasa digunakan dalam masakan barat seperti oriental dan Asia. Beberapa orang suka menggunakan manfaat daun mint langsung dalam makanan mereka, beberapa menggunakannya sebagai hiasan dan lainnya menggunakannya dalam bentuk minyak atau ekstrak.

Terlepas dari bagaimana Anda menggunakan daun mint, berikut beberapa manfaat kesehatan dari olahan daun mint untuk tubuh yang harus Anda ketahui.
1. Membuat kulit lebih baik

Ramuan mint terkenal karena kualitasnya yang mencerahkan kulit. Ini memiliki sifat alami yang menenangkan kulit yang teriritasi dan kasar. Bubur daun mint dapat meredakan gigitan nyamuk dan lebah.

Daun mint memiliki kandungan konsentrasi tinggi Vitamin A, mereka memperbaiki dan memperkuat jaringan kulit. Mint juga dikenal sebagai zat yang dapat menenangkan kulit berjerawat. Inilah alasan mengapa banyak kosmetik mengklaim memiliki kebaikan mint.

Ekstrak minyak dari ramuan ajaib ini juga kaya akan asam salisilat yang membantu kulit dalam menghilangkan sel-sel mati dan mencegahnya dari penyumbatan. Ini mengurangi kemungkinan breakout lebih lanjut.

2. Mengurangi iritasi usus

Mengkonsumsi daun mint atau mengunyahnya langsung setelah dicuci adalah obat yang umum dikenal untuk iritasi usus. Jika menderita mual karena sakit perut atau jika perut kembung meskipun belum makan apa-apa, Anda harus mengkonsumsi daun mint untuk membantu pencernaan.

Kehadiran senyawa penyembuhan tertentu dalam herbal mint diketahui dapat mencegah pembentukan gas di perut.

3. Mencegah kanker

Cukup banyak penelitian yang mencoba membuktikan bahwa daun mint efektif dalam mencegah kanker usus besar. Daun mint kaya akan vitamin A, C dan beta-karoten. Vitamin C merupakan anti oksidan yang digunakan tubuh dalam bentuk larut air untuk mencegah pertumbuhan radikal bebas dalam tubuh. Hal ini dikenal untuk mencegah kanker dan pertumbuhan tumor dalam tubuh.
Daun mint diketahui memiliki sifat alami yang mengontrol pertumbuhan berbagai bakteri dan jamur di dalam tubuh. Kualitas ramuan ini membantu dalam mencegah infeksi sinus, pilek dan penyakit pernapasan lainnya. Karena khasiat penyembuhan ini, minyak peppermint ditambahkan ke bak air panas atau dioleskan pada kapas dan dihirup oleh pasien yang menderita batuk.

Ketika ekstrak ramuan mint dioleskan secara eksternal pada dada atau saluran hidung, mereka dapat mengurangi kemacetan dan kesulitan bernapas yang disebabkan oleh hidung tersumbat. Ini juga mengapa rasa mentol paling umum di banyak dekongestan dan alat penguap yang tersedia di pasaran.

5. Kaya akan vitamin dan mineral

Salah satu manfaat kesehatan penting dari mengunyah daun mint yang sudah dicuci atau menggunakannya untuk memasak, Anda bisa mendapatkan sebagian besar kebutuhan vitamin dan mineral dari segenggam mint sekaligus.

Selain Vitamin A dan C, daun mint juga mengandung beta karoten. Mineral termasuk folat, magnesium, kalsium, kalium dan kalsium juga ada dalam mint. Inilah yang membuat daun mint menjadi ramuan yang sangat kuat.