Gelar Swab Test Massal Sebagai Upaya Tracing Kontak Erat

Gelar Swab Test Massal Sebagai Upaya Tracing Kontak Erat

Upaya menelusuri jejak penularan Covid-19 di wilayah Kota Madiun. Tracing terhadap kontak erat pasien semakin gencar dilakukan dengan menggelar swab test massal di Wisma Haji Kota Madiun.
”Hari ini kami laksanakan swab test untuk 300 lebih peserta yang merupakan kontak erat terhadap pasien positif Covid-19. Jika ada yang positif, langsung masuk ruang isolasi,’’ tutur Wali Kota Madiun Maidi, Selasa (2/2).
Menurut wali kota, upaya ini juga dilakukan untuk meningkatkan angka kesembuhan pasien positif Covid-19. Sehingga, ke depannya semakin sedikit penularan yang terjadi dan status Virus Corona di Kota Madiun semakin membaik.
Wali kota menjelaskan, saat ini jumlah ruang isolasi yang tersedia di Wisma Haji cukup longgar. Dari 100 bed ditambah 50 bed bantuan dari PT INKA, hanya 23 bed yang terisi. Sedangkan, jumlah pasien di RSUD Kota Madiun saat ini tinggal 63 pasien.
Untuk itu, wali kota mengimbau masyarakat yang telah terkonfirmasi positif Covid-19 untuk melakukan isolasi di Wisma Haji. Namun, jika tetap ingin melaksanakan isolasi mandiri di rumah, pemkot akan memberikan penanda berupa bendera di depan rumah. Selain itu, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Di antaranya, rumah yang ditempati memenuhi syarat untuk isolasi mandiri.
Wali kota pun berharap, pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap kedua ini dapat berjalan lancar. Serta, memberikan hasil maksimal terhadap penanganan Covid-19 di Kota Madiun. Di antaranya, kasus penularan dan kematian semakin menurun, tingkat kesembuhan semakin tinggi, dan ruang isolasi semakin longgar.
‘’Untuk itu, saya harap semua petugas tegas melaksanakan tugas dan masyarakat bersabar. Mari kita tegas di awal agar pandemi ini segera berakhir. Selanjutnya, perekonomian bisa kita gas lagi,’’ tandasnya.