Vaksin Covid-19 untuk Kota Madiun sudah tiba

Vaksin Covid-19 untuk Kota Madiun sudah tiba

Vaksinasi Covid-19 segera berjalan di Kota Madiun. Setidaknya, 3.040 vaksin sudah tiba di Kota Pendekar, Selasa (26/1) sore. Vaksin diterima Wali Kota Madiun Maidi di Gudang Perbekalan Kesehatan Kota Madiun yang menjadi tempat penyimpanan sementara. Wali Kota dan Forpimda dijadwalkan sebagai yang pertama disuntik vaksin Sinovac tersebut, Rabu (27/1) besok.

‘’Alhamdulillah, vaksin tahap pertama sudah datang. Kota Madiun mendapat 3.040 vaksin pada tahap pertama ini. Insya Allah, tahap kedua dan seterusnya menyusul segera,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Wali Kota menyebut sasaran vaksinasi tahap pertama tersebut sudah jelas. Yakni, tenaga kesehatan dan medis serta Forkopimda. Pun, jumlah tersebut masih belum mencukupi mengingat target sasaran sesuai sistem informasi SDM kesehatan yang mencapai 3.955 orang. Mereka yang belum turut dalam gelombang kedua bersama sasaran prioritas lain.

‘’Siapa yang akan divaksin sudah by name by address. Sudah ada jadwalnya. Bahkan, nanti kita bagi dalam beberapa gelombang biar tidak berkerumun,’’ lanjutnya.

Masyarakat, kata wali kota, tidak perlu khawatir. Vaksin akan terus didistribusikan. Pun, informasinya distribusi vaksin gelombang kedua dijadwalkan dua minggu ke depan. Namun, tentu juga menyesuaikan prioritas sasaran. Petugas berisiko tinggi tertular mendapat prioritas pertama. Selain tenaga medis dan kesehatan, juga petugas pelayanan kepada masyarakat.

‘’Tempat dan saranannya sudah ready semua. Artinya, vaksin datang semua sudah bisa langsung jalan. Ini penting agar penularan segera terputus dan pandemi segera menghilang,’’ jelasnya.

Wali Kota Madiun, Wakil Wali Kota Madiun, Ketua DPRD Kota Madiun, Kapolres Madiun Kota, Komandan Kodim 0803 Madiun, Kejari Madiun bersama tokoh agama dijadwalkan dilakukan vaksinasi di RSUD Kota Madiun, besok.

Vaksin saat ini berada di Gudang Perbekalan Kesehatan Kota Madiun dengan penjagaan ketat dari aparat gabungan. Begitu juga saat pendistribusian. Bahkan, satu mobil barracuda turut mendampingi proses pendistribusian tersebut.