Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

Peluncuran Minum Tablet Tambah Darah Bagi WUS (HKN ke-53)

Anemia atau kekurangan sel darah merah adalah kondisi tubuh yang tidak  memiliki gejala khas, “Gejala anemia baru dirasakan pada stadium lanjut, padahal kekurangan zat besi sudah terjadi sejak stadium awal terutama pada wanita usia subur (WUS). Oleh sebab itu ini harus lebih diwaspadai”.

Untuk   mencegah dampak terjadinya anemia  yang lebih parah sangatlah perlu asupan gizi seimbang, oleh karena itu Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana meluncurkan gerakan minum obat tablet tambah darah (GMTTD) bagi WUS setiap hari selasa.

Peluncuran GMTTD bersamaan puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-53 dihadiri Walikota Madiun (Sugeng Rismiyanto), Wawali (Armaya), Sekda (Maidi), Pimpinan DPRD, Forkompimda, Ketua Tim Penggerak PKK, Direktur Bank Jatim, mitra kerja dibidang kesehatan serta diikuti lebih dari 3000 peserta yang mayoritas merupakan WUS mulai remaja putri usia 12-18 tahun hingga perempuan usia 19-49 tahun.

Walikota mengawali launching dengan memberi segelas air putih dan tablet penambah darah kepada perwakilan siswa diatas panggung. Lantas diikuti pejabat serta seluruh peserta apel. Tablet tambah darah ini bisa didapatkan secara gratis di puskesmas secara gratis. Nantinya juga akan didrop disekolah-sekolah untuk diminum siswa setiap selasa. Begitu juga satker akan didrop untuk pegawai perempuan.

Selain bisa menekan angka penderita anemia juga mengantisipasi terjadinya pendarahan saat masa persalinan serta juga diklaim mampu meningkatkan prestasi belajar siswi.

Sesuai dengan tema HKN ke-53 ini “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku”, yang mana sehat dimulai dari diri sendiri dan gerakan ini diluncurkan untuk melahirkan generasi sehat yang kelak menjadi pemimpin sehat dan hebat.

dr AS Wardani selaku Kadinkes dan KB menambahkan, GMTTD bagi WUS ini sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan tentang pemberian TTD bagi WUS yang saat ini jumlah WUS di Kota Madiun mencapai 46.203 dari tiga Kecamatan, “Harapan kami, WUS harus tetap prima meskipun tamu bulanan selalu datang,” ujarnya.

Selain Launching, dipuncak HKN ke-53 ini diserahkan juga hadiah bagi kader puskesmas maupun kelurahan yang berhasil dibidang kesehatan. Kegiatan ini terpusat di Lapangan Pilang Bango, dimeriahkan dengan senam bersama, disediakan juga fasilitas pemerikasaan gratis, bagi-bagi doorprize berupa 31 unit sepeda serta digelar juga pameran bidang kesehatan yang diikuti oleh mitra kesehatan.