Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

Penyuluhan Keamanan Pangan di Nutrihealth Catering

Penyuluhan Keamanan adalah Kebutuhan dasar manusia yang pemenuhannya merupakan hak asasi setiap warga masyarakat, sehingga harus tersedia dalam jumlah yang cukup, bermutu, aman, bergizi, beragam dengan harga yang terjangkau oleh kemampuan daya beli masyarakat. Keamanan pangan (food safety) merupakan kondisi dan upaya yang diperlukan untuk mencegah pangan dari kemungkinan cemaran biologis, kimia dan benda lain yang dapat mengganggu, merugikan dan membahayakan kesehatan manusia.
Kegiatan ini difokuskan kepada penjamah makanan atau pegawai yang melaksanakan kegiatan proses produksi makanan.

Kegiatan ini diikuti oleh 50 orang, karena masih dalam pandemi, Kegiatan ini dibagi menjadi 2 kelompok dengan beda hari dan dilaksanakan di Nutrihealth Catering Rabu(23/12) dengan materi :
1. Higiene sanitasi dan higiene perorangan
2. BTP (bahan tambahan pangan)
3. Keamanan pangan.
Dalam penyuluhan ini, menurut Retno Dwi selaku Kasi Kesling Dinkes & KB Kota Madiun (Narasumber), hal ini sangat perlu dilaksanakan, karena mulai dari proses penyiapan bahan, proses pengolahan, pengangkutan dan penyajian makanan harus benar benar dijaga agak tidak terkontaminasi sehingga layak dan aman dikonsumsi.

Keamanan makanan diartikan sebagai terbebasnya makanan dari zat-zat atau bahan yang dapat membahayakan kesehatan tubuh tanpa membedakan apakah zat itu secara alami terdapat dalam bahan makanan yang digunakan, atau tercampur secara sengaja atau tidak sengaja ke dalam bahan makanan atau makanan jadi. Keamanan pangan dipengaruhi oleh lingkungan, sosial budaya dan ekonomi, sistem pangan dan distribusi pangan, saling ketergantungan antara gizi dan keamanan pangan, imbuhnya. Makanan yang tidak aman kalau dipaksakan dikonsumsi akan timbul gangguan kesehatan dan bisa berakibat lebih jauh pada kematian. Salah satu contohnya adalah diare terus-menerus karena mengkonsumsi makanan yang tidak aman sehingga menyebabkan gangguan penyerapan zat-zat gizi/malabsorbsi.