Kota Madiun Sabet Dua Penghargaan sekaligus di KI Awards Jatim 2020

Kota Madiun Sabet Dua Penghargaan sekaligus di KI Awards Jatim 2020

Di penghujung 2020, Kota Madiun, Jawa Timur, menambahkan satu prestasi lagi yang berhasil diraihnya tahun ini. Yaitu, sebagai Penyedia Layanan Informasi Terbaik kategori kota/kabupaten dalam KI Awards tingkat Provinsi Jawa Timur 2020.

Penyerahan penghargaan dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Jatim itu berlangsung di Grand Dafam Signature Hotel Surabaya, Senin 7 Desember 2020, kemarin.

Pada kategori tersebut, Kota Madiun mengalahkan dua nominator lainnya. Yakni, Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Lumajang.

Selain itu, Kota Madiun juga berhasil meraih penghargaan sebagai Badan Publik Menuju Informatif dengan nilai 80-96 kategori kota/kabupaten tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2020, serta menjadi nominator dalam kategori Penyedia Informasi Berkala Terbaik.

Penghargaan KI Awards tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Madiun, H. Maidi. KI Awards merupakan anugerah penghargaan atas keterbukaan informasi publik yang diberikan kepada OPD di lingkup Pemprov Jatim, kota/kabupaten di Jatim, serta desa di wilayah Jatim.

Melalui penghargaan ini, diharapkan seluruh OPD dan kota/kabupaten di Jatim terpacu untuk menyediakan informasi yang transparan. Khususnya, kepada masyarakat umum.

“Saya berterima kasih sekali atas penghargaan yang diberikan oleh KI Jatim bagi Kota Madiun. Ini merupakan apresiasi atas kerja kita selama ini,” tutur Walikota Madiun, H. Maidi.

Melalui penghargaan ini, ia berharap upaya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Kota Madiun bisa semakin terpacu. Khususnya, dalam hal penyediaan informasi publik yang transparan. Sehingga, prestasi ini dapat dipertahankan. Bahkan, ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

Dalam KI Awards, sebelumnya Komisi Informasi Provinsi Jatim mengadakan monitoring dan evaluasi kepada seluruh peserta. Kemudian, dipilih tiga nominator untuk bersaing menjadi yang terbaik.

“Para pemenang telah melalui proses seleksi dan penilaian yang ketat,” ujar Ketua Komisi Informasi Jatim, Imadoeddin.

Sementara itu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, melalui Asisten III Pemprov Jatim, Abimanyu Pontjoatmojo, mengucapkan selamat kepada para pemenang anugerah KI Awards tahun ini.

“Bagi yang belum mendapatkan penghargaan tahun ini, jangan berkecil hati. Jadikan ini penyemangat untuk menyediakan informasi publik yang lebih baik lagi,” ucap Imadoenddin.

Penghargaan tersebut, merupakan penghargaan yang ke-22 yang diterima oleh Pemkot Madiun selama tahun 2020.

Turut mendampingi walikota dalam menerima penghargaan ini, yakni Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri.