Imunisasi Campak dan Rubela Serentak Dilaksanakan Agustus-September 2017

Pemberian imunisasi merupakan upaya kesehatan masyarakat yang terbukti paling cost effective serta berdampak positif untuk mewujudkan derajad kesehatan ibu dan anak di Indonesia. Imunisasi tidak hanya melindungi seorang tetapi juga masyarakat dengan memberikan perlindungan komunitas atau yang disebut dengan herd immunity.

Apakah Campak & Rubella bahaya?

Campak merupakan penyakit yang sangat mudah menular yang disebabkan oleh virus dengan masa inkubasi rata-rata 8 – 13 hari. Gejala penyakit campak adalah demam, bercak kemerahan pada kulit (rash) disertai dengan batuk dan/atau pilek dan/atau konjungtivitis. Akan tetapi berakibat fatal apabila terjadi komplikasi, misalnya diare berat, radang berat, radang paru (pneumonia), radang otak (encephalitis), kebutaan bahkan kematian. Campak merupakan salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi. Saat ini target dunia termasuk Indonesia dalam pengendalian campak adalah tercapainya eliminasi campak.

Rubela adalah penyakit akut dan ringan yang sering menginfeksi anak dan dewasa muda yang rentan. Akan tetapi yang menjadi perhatian dalam kesehatan masyarakat adalah efek teratogenik apabila rubella ini menyerang pada wanita hamil pada trimester pertama. Infeksi Rubella yang terjadi sebelum konsepsi dan selama awal kehamilan dapat menyebabkan abortus, kematian janin atau sindrom rubella congenital (Congenital Rubella Syndrome/CRS) pada bayi yang dilahirkan.

Sebagai bagian dari masyarakat global, Indonesia telah berkomitmen untuk mencapai eliminasi Campak dan pengendalian Rubella/Congenital Rubella Syndrome pada tahun 2020. Kasus Campak dan Rubella masih banyak ditemukan di Indonesia. Untuk itu diperlukan upaya percepatan untuk dapat mencapai target eliminasi penyakit Campak dan Rubella/CRS. Strategi yang dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah:

  1. Penguatan imunisasi rutin untuk mencapai cakupan imunisasi Campak ≥95% di semua tingkatan
  2. Pelaksanaan Crash Program Campak di 183 kabupaten kota pada bulan Agustus – September 2016
  3. Pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR yaitu pemberian imunisasi MR kepada sasaran usia 9 bulan sampai dengan < 15 tahun secara bertahap dalam 2 fase sebagai berikut :
  4. Fase 1 bulan Agustus – September 2017 di seluruh pulau Jawa.
  5. Fase 2 bulan Agustus – September 2018 di seluruh Pulau Sumatera, Pulau Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.
  6. Introduksi Imunisasi MR kedalam Program Imunisasi Rutin.

Imunisasi Campak dan Rubella serentak dilaksanakan bulan Agustus – September 2017

Yaitu KAMPANYE IMUNISASI MEASLES – RUBELLA (IMUNISASI MR).

Sedikit kita ulas apa Itu Kampanye Imunisasi MR?

Kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) adalah suatu kegiatan imunisasi secara masal sebagai upaya untuk memutuskan transmisi penularan virus campak dan rubella pada anak usia 9 bulan sampai dengan <15 tahun, tanpa mempertimbangkan status imunisasi sebelumnya

Siapa aja yang beruntung mendapatkan imunisasi kampanye MR?

Imunisasi MR diberikan untuk semua anak usia 9 bulan sampai dengan usia kurang dari 15 tahun selama kampanye Imunisasi MR bulan Agustus – September 2017.

Dimanakah bisa mendapatkan Kampanye Imunisasi MR?

BULAN AGUSTUS : Imunisasi MR diberikan untuk Anak Usia Sekolah 7 tahun s.d <15 tahun (SD/MI/ Sederajat, SMP/MTS/sederajat), Kalo ada yang sdh berusia 15 tahun bersekolah di SMU/sederajat harus juga yaa diberikan imunisasi MR.

BULAN SEPTEMBER : Imunisasi MR diberikan untuk Bayi Usia 9 bulan s.d anak usia <7 tahun dilaksanakan di Posyandu, Puskesmas dan Sarana Pelayanan Kesehatan lainnya.

Target  Kegiatan :

  • Pengadaan Media Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kampanye dan Introduksi MR di Kota Madiun.
  • Advokasi dan Sosialisasi Kampanye dan Introduksi MR bagi Diknas PAUD, Diknas SD-SMP serta Kanwil Kemenag Tk. Kecamatan di Kota Madiun.
  • Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Kampanye dan Introduksi MR bagi LS Kecamatan (Muslimat, Aisiyah, Ketua TP PKK) Tk. Kecamatan di Kota Madiun
  • Workshop Petugas Imunisasi dalam rangka Imunisasi Dasar dan Lanjutan serta Introduksi MR Tingkat Puskesmas di Kota Madiun.

Agar pelaksanaan Kampanye Imunisasi MR dan Introduksi MR berjalan lancar dan tercapai target  bahwa seluruh anak usia 9 bulan sd < 15 tahun terimunisasi MR maka diperlukan rangkaian kegiatan sebagai upaya Advokasi, sosialisasi, koordinasi, serta promosi dan penyusunan strategi operasional kepada Petugas Kabupaten Kota, Petugas Puskemas, Lintas Sektor, Lintas Program dan mitra terkait di kabupaten kota sampai kecamatan. Di Kota Madiun rangkaian  pelaksanaan kegiatan  tersebut diatas akan dilakukan serentak di tahun 2017 mulai bulan April sd Desember 2017.

Ayo, lindungi buah hati Anda dari kesakitan, kecacatan, dan kematian karena penyakit Campak
dan Rubella.

Cegah penyakit Campak dan Rubella dengan Imunisasi.

Sayangi buah hati Anda dengan Imunisasi Campak-Rubella (MR), GRATIS lho.

Kegiatan ini merupakan program pemerintah untuk menyehatkan Anak – anak Indonesia dari penyakit Campak – Rubella.