Tips Mudik Nyaman menggunakan Mobil

Pulang kampung halaman atau biasa dikenal dengan Mudik untuk bisa berkumpul bersama keluarga besar menjelang Hari Raya Idul Fitri sudah menjadi tradisi di Indonesia.

Untuk membantu para pemudik menikmati perjalanan dengan aman dan nyaman, ada beberapa kiat mudik aman dan nyaman yang bisa diterapkan oleh pemudik. Berikut beberapa kiat mudik aman dan nyaman :

Rencanakan rute perjalanan

Saat ini panduan peta digital (GPS) sangat digemari dan sudah menjadi kebutuhan saat menempuh perjalananan. Namun, membaca arahan GPS berulang kali saat berkendara dapat menimbulkan potensi bahaya, sehingga rencanakanlah rute perjalanan Anda sebelum menempuh perjalanan. Gunakanlah panduan suara dari GPS untuk memudahkan navigasi, tanpa harus memantau layar perangkat GPS.

Jadwalkan perjalanan

Hindari mengemudi pada malam hingga dini hari serta ketika tubuh merasa mengantuk atau lelah. Minimal beristirahatlah setelah 3 jam berkendara. Apabila sedang berpuasa, sebaiknya waktu keberangkatan disesuaikan dengan jam berbuka puasa, atau setelah sahur.

Periksa kembali kondisi kendaraan

Guna memastikan kendaraan dalam kondisi baik, bawalah kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk check-up mobil secara keseluruhan mulai dari oli (oli mesin beserta oil filter, transmisi, garden, minyak rem, minyak power steering, dll), sistem pendingin mesin, kondisi ban, dan kondisi lampu-lampu.

Muatan sesuai kapasitas kendaraan

Muatan berlebih (overload) sangat mempengaruhi kestabilan kendaraan saat melakukan manuver. Kelebihan muatan juga menimbulkan bertambahnya jarak pengereman yang dibutuhkan sehingga menambah potensi bahaya.

Jaga jarak

Selalu waspada dalam menjaga jarak kendaraan dengan kendaraan di depan Anda. Pemudik juga harus tetap berada dalam jalur agar mengurangi potensi benturan.

Kencangkan sabuk pengaman

Hal mudah dan sederhana seperti menggunakan sabuk pengaman seringkali disepelekan. Padahal hal tersebut membantu badan untuk tetap berada di posisi tempat duduk ketika terjadi benturan.