Sosialisasi Pengamanan Informasi dan Data Pribadi di Pemerintah Kota Madiun

Dalam perkembangan komputer dan perangkat pendukung lainnya , internet dan membuat data-data digital semakin banyak digunakan. Tingkat keamanan data sangatlah dibutuhkan. Untuk itu PPID Kota Madiun mengadakan Sosialisasi Pengamanan Informasi dan Data Pribadi di Pemerintah Kota Madiun, yang diselenggarakan di Gedung Diklat Kota Madiun. Diharapkan dengan kegiatan ini mulai dari data pribadi, pasien ataupun kantor bisa diamankan, bahkan dimanapun tempatnya sehingga tidak disalahgunakan terutama di tangan yang salah. Suatu misal terdapat sejumlah faktor yang membuat data digital (seperti : audio, citra, video, dan teks) semakin banyak digunakan, antara lain:

  1. Mudah diduplikasi dan hasilnya sama dengan aslinya.
  2. Murah untuk penduplikasian dan penyimpanan.
  3. Mudah disimpan untuk kemudian diolah atau diproses lebih lanjut.
  4. Serta Mudah didistribusikan, baik dengan media disk maupun melalui
    jaringan seperti Internet.

Disisi lain, kemudahan tersebut telah memunculkan masalah seputar hak cipta dan hak kepemilikan materi digital hingga faktor keamanan data. Teknik hidden message atau biasa dikenal steganografi adalah suatu teknik yang memungkinkan para pengguna untuk sembunyikan pesan didalam pesan lain.

Steganografi telah digunakan sejak sekitar 2.500 tahun yang lalu untuk kepentingan politik, militer dan diplomatik.

Selain Stenografi ada juga tehnik Kriptografi memiliki perbedaan yang terletak pada outputnya. Pada Kriptografi biasanya data memiliki perbedaan dengan data yang aslinya dan biasanya data seolah-olah disamar-samarkan atau berantakan sehingga informasi yang terkadang tidak diketahui, namun dapat di dekripsi bila ingin di kembalikan dalam bentuk aslinya. sedangkan Steganografi memiliki hasil yang sama/kembar antara data yang telah disteganografi dan data aslinya namun keduanya hanya bisa di lihat oleh indra visual (mata) tetapi jika dilihat oleh komputer dapat dengan jelas perbedaan antara sebelum proses dan setelah proses.