Kegiatan Lomba Kader Kesehatan Remaja tingkat SMP/MTs

Dalam rangka menunjang peran kader kesehatan remaja, perlu adanya pembentikan Kader Kesehatan Remaja (KKR). Pembinaan kader kesehatan remaja dilakukan bersama lintas sektor terkait yaitu Pihak Kecamatan, Pendidikan, Puskesmas maupun Dinas Kesehatan. Pembinaan Kader Kesehatan Remaja meliputi kegiatan penemuan dini, pemeriksaan kesehatan mata, gigi dan mulut, dan pelatihan kader kesehatan remaja.
Dalam pelatihan kesehatan remaja siswa diberikan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi sehat, berbagai penyakit menular, konsultasi bimbingan psikologis, P3K dan Narkoba.

Tujuan dibentuknya Kader Kesehatan Remaja ini supaya terbentuk kader kader kesehatan remaja yang menjadi rujukan teman-temannya yang kebetulan ada masalah kesehatan, permasalahan yang sering timbul diantara remaja, maupun remaja dengan orang tuanya akan lebih banyak dicurahkan pada teman sebayanya. Dengan adanya kader kesehatan remaja yang merupakan temannya sendiri maka diharapkan permasalahan yang ada dapat dipecahkan dikalangan mereka sendiri. Terutama disaat ada remaja yang membutuhkan pertolongan pertama dan pelayanan kesehatan, maka KKR harus siap segera membantu dan menolongnya. Lomba KKR tingkat SMP, diikuti oleh 22 SMP yang ada di kota madiun siswa kelas 8. Dilaksanakan 2 (dua) hari yakni tanggal 28 Oktober 2019 untuk tes tulis dan praktek, tanggal 29 Oktober untuk penyuluhan. Juara dipilih 6, yaitu juara 1,2,3 dan juara harapan 1,2,3, pemenangnya memperoleh sertifikat, piala, slempang dan uang pembinaan.