Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Madiun

Jalan Ringroad Barat, Asrama 1 (komplek Asrama Haji) Kota Madiun, Jawa Timur 63123 e-mail : dinkes.madiunkota@gmail.com

Senam Lansia dan Pemeriksaan Pasca Penam

Setiap bulannya, Pemerintah Kota Madiun mewadahi para lansia (lanjut usia) se Kota Madiun untuk mengikuti senam dalam rangka bersama-sama menjaga kesehatan dan kebugaran tubuhnya.

Seperti yang terlihat pada Jumat (19/7). Jika biasanya senam lansia dilangsungkan di Stadion Wilis Kota Madiun, kali ini kegiatan senam tersebut berlangsung di Taman Lalu Lintas Bantaran. Hal ini dijadikan Pemkot sebagai cara untuk memperkenalkan ruang terbuka hijau yang ada di Kota Madiun.

“Biar suasananya baru sekali-kali ganti, di sini lima kali. Setelahnya di stadion, mungkin setelah ini akan dilaksanakan di Embung Pilangbango. Pokoknya semua disambangi,” ujar Walikota Maidi dalam sambutannya.

Lebih lanjut, walikota memohon doa restu kepada para lansia untuk pengembangan dan pemanfaatan Taman Lalu Lintas Bantaran. Dirinya mengatakan bahwa taman yang berada di Jalan Ahmad Yani ini, kedepan akan difungsikan sebagai taman wisata, sekaligus sebagai venue Sunday Market.

“Tempat ini sudah lama tidak digunakan. Lebih dari tiga minggu teman-teman dari Dinas PU, Perkim, BPBD, Dinas Perdagangan, dan Dinas Lingkungan Hidup kerja bakti membersihkan tempat ini,” jelasnya.

Tanggal 4 Agustus nanti, imbuhnya, akan digunakan sebagai pasar minggu. Harapannya, ekonomi kreatif akan lebih berkembang dengan dipindahnya para pedagang yang biasa berjualan di Car Free Day Jalan Pahlawan.

Tak hanya senam, para lansia juga diajak menanam bunga bersama. Hal ini bertujuan untuk mewujudkan Kota Madiun Sejuta Bunga. Walikota juga mengimbau kepada para lansia untuk menanam bunga di sekitar tempar tinggalnya.

“Kalau di sekitar rumah ada lahan kosong, silahkan ditanami bunga. Harapannya kota madiun akan menarik, bersih dan sekitar banyak bunga. Lansia bisa panjang umurnya,” tandasnya.