Bebas Cacing dimulai Sejak Dini

Kegiatan pengobatan Kecacingan Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun ini diselenggarakan bekerjasama dengan PAUD, TK, MI dan SD se-Kota Madiun bertujuan untuk mengobati dan mencegah infeksi cacing pada anak usia 1 – 12 tahun.

Penyuluhan di SDN Patihan Kota Madiun

Dalam hal ini sasaran pengobatan adalah anak usia pra sekolah yang berumur 12 bulan/1 tahun sampai dengan 6 tahun dan Anak Sekolah Dasar dengan usia 7 sampai 12 tahun. Data Sasaran usia pra sekolah diambil dari data posyandu dan jumlah murid PAUD dan TK sedangkan anak sekolah dasar diambil dari data jumlah murid SD dan MI kelas 1 sampai kelas 6.

Pemberian obat cacing pada anak usia pra sekolah ini dilakukan bersamaan dengan pemberian vitamin A di Posyandu pada bulan Agustus. Pelaksanaan pemberian obat cacing ini dilaksanakan secara serentak dibawah pengawasan petugas kesehatan yang bertugas pada hari pelaksanaan. Siswa diharuskan makan pagi terlebih dahulu sebelum minum obat cacing, dalam hal ini Kader dan para guru juga sangat berperan untuk menginformasikan sebelum pelaksanaan supaya target siap.

Pasca pemberian obat cacing ini target akan dimonitor, bila ada keluhan langsung bisa menghubungi atau konsultasi ke Dokter Puskesmas setempat dan untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan , Dinas Kesehatan harus berkoordinasi dengan Dokter Spesialis Anak setempat.

Kegiatan ini sangatlah penting supaya generasi masa depan ini bebas cacing dan senantiasa hidup bersih.

#dinkeskbkotamadiun
#dinaskesehatandankbkotamadiun #dinkeskbkotamadiun #madiunsehat #kesehatan